Archive for April, 2012

#9 APK_Work Sampling


2012
04.28

 

Work sampling atau ratio delay study atau random observation method merupakan aktivitas pengukuran waktu kerja secara langsung terhadap aktivitas operator atau keadaan suatu mesin untuk menentukan prosentase waktu yang dibutuhkan pada setiap kondisi (idle atau working). Lebih detail tentang tahap-tahap melakukan work sampling dapat di-download disini. Cara membuat waktu pengamatan random dengan Ms. Excel juga dapat di-download disini.

Materi Kuliah Tamu Psikologi Industri 2012


2012
04.26

Materi Kuliah Tamu Psikologi Industri 2012 bisa di-donwload disini :

Industrial and Organizational Psychology

Sharing dunia kerja dan motivasi diri

form 1. KUIS KEPRIBADIAN

form 2. Impian 2012

 

 

#8 APK_Stopwatch Time Study


2012
04.18

 

Salah satu metode di dalam pengukuran (waktu) kerja secara langsung adalah stopwatch time study (pengukuran waktu jam henti). Metode ini diaplikasikan untuk jenis pekerjaan yang memiliki waktu siklus pendek dan repetitif (berulang-ulang). Lebih detail tentang tahap-tahap pengukuran kerja dengan metode stopwatch time study dapat di-download disini.

 

REMINDER : ACC topik tugas besar paling lambat 30 APRIL 2012 dengan mengisi form pengamatan dan ditandatangani oleh dosen pengampu.

#7 APK_Pengukuran Kerja (Work Measurement)


2012
04.18

 

Pengukuran kerja (work measurement atau time study) merupakan suatu proses untuk menghitung waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu, dengan metode tertentu, oleh seorang pekerja yang telah terlatih, dan bekerja pada kondisi yang wajar (normal). Pengukuran kerja ini dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Adapun output dari pengukuran kerja adalah waktu standar dan output standar suatu pekerjaan tersebut.  Lebih detail tentang pengukuran kerja dapat di-download disini.

#7 PI_Penilaian Kinerja


2012
04.02

 

Performance Appraisal (Penilaian Kinerja) merupakan penilaian yang deskriptif dan sistematis mengenai kelebihan dan kekurangan (kemampuan) karyawan. Penilaian kinerja harus dilaksanakan dengan terlebih dahulu menentukan tujuan yang ingin dicapai dari hasil penilaian kinerja, penilai yang akan melakukan proses penilaian, metode yang digunakan, dan keterbatasan yang dimiliki perusahaan untuk melaksanakan penilaian kinerja. Lebih detail tentang penilaian kinerja dapat di-download disini.

 

Form tes MBTI dapat di-download disini.

Interpretasi hasil tes MBTI dapat di-download disini.

Hasil tes MBTI di-input-kan dalam form berikut :

Kelas A : https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dFdjT0dsVUFHYkU3WUZUbXZoYVRWSVE6MQ

Kelas C : https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dGFQZWdJdERaWFAtTFNUWDBBYThEUWc6MQ