Archive for May 24th, 2012

#11 PI_Industri dan Serikat Pekerja


2012
05.24

 

Serikat pekerja adalah organisasi demokratis yang berkesinambungan dan permanen dibentuk secara sukarela dari, oleh dan untuk pekerja sebagai maksud dan tujuan tertentu. Tujuan-tujuan dibentuknya serikat pekerja secara umum adalah untuk membantu memperjuangkan hak-hak para pekerja terhadap industrinya. Lebih detail tentang industri dan serikat pekerja dapat di-download disini.

Tambahan referensi :

1. Labor unions

2. Serikat Pekerja

 

 

#10 PI_Industri dan Lingkungan Sosial


2012
05.24

 

Lingkungan sosial termasuk dalam entitas yang turut mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis proses suatu perusahaan atau industri. Karena adanya dampak tersebut, sebuah industri perlu untuk melaksanakan apa yang disebut sebagai Tanggung jawab Sosiol Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Menurut Lingkar Studi CSR Indonesia, CSR dapat didefinisikan sebagai upaya sungguh-sungguh dari entitas bisnis untuk meminimumkan dampak negatif dan memaksimumkan dampak positif operasinya terhadap seluruh pemangku kepentingan dalam ranah ekonomi, sosial dan lingkungan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Lebih detail tentang industri dan lingkungan sosial dapat di-download disini

#9 PI_Industri dan Keluarga


2012
05.24

 

Hubungan antara industri (pekerjaan) dengan keluarga dapat menimbulkan konflik atau permasalahan jika tidak dapat dipelihara dengan baik. Konflik kerja-keluarga (work-family conflict) merupakan konflik yang terjadi antara dua peran (pekerjaan dan keluarga) ketika salah satu domain tidak sesuai dengan domain yang lain, dan sebaliknya. Lebih detail tentang work-familiy conflict dapat di-download disini.

#8 PI_Sosiologi Industri


2012
05.24

 

Sosiologi Industri merupakan salah satu cabang keilmuan sosiologi yang mempelajari tentang interaksi manusia berkaitan dengan perubahan teknologi, globalisasi, pasar tenaga kerja, organisasi di dunia kerja, dan praktik manajerial. Dengan kata lain, sosiologi industri disebut juga sebagai sosiologi di tempat kerja. Lebih detail tentang aplikasi sosiologi industri dan hubungan industri dapat di-#download disini.